Pages

Senin, Juli 07, 2008

My Trip to Bali

Hanya berselang 2 hari pulang dari Gorontalo, ella harus berangkat ke Bali untuk tujuan yang sama. Mmmm........penasaran, seperti apa sih Bali itu, ampe bule2 seneng banget ke sono. Dengan naik pesawat merpati dari bandara Husein Bandung jam 6 pagi (oya, ruang tunggu di bandara Husein nyaman loh...kecil tapi nyaman trus toiletnya bersih banget.....paling bersih deh diantara bandara yang lain), setelah transit di Surabaya, akhirnya 2jam-an deh nyampe juga di Bandara Ngurah Rai. Disana udah berseliweran bule2. catatan lagi, ella ga terlalu suka bandaranya karena kayaknya ribet banget. Kurang rapi kesannya. Diluar sih bagus, tapi entah kenapa kalo didalam bandaranya terasa tidak nyaman. Ribet aja tata ruangnya....(perasaan ella aja kali yeee he he he)

Nyampe Sanur Paradise Plaza Hotel, wah keren banget tuh hotel. Kalo pake duit sendiri wah ga mampu deh gw…… nyaman, asri, keren deh. Cobain aja….Cuma 300 meter dari pantai sanur.

Selama 2 hari (selasa, rabu) kami (ella n m’kris) melakukan kunjungan, wawancara dll ke dinas pertanian Bali dan ke HKTI. Alhamdulillah mereka kooperatif dan ramah2 bangeet. Makasih loh bapak2 dan ibu2 semua atas bantuannya.

Nah, hari kamis adalah waktu untuk bersenang-senang.....setelah berunding malemnya, akhirnya kami putuskan untuk arung jeram alias rafting......jam 9 kami di jemput dari hotel, di mobil udah ada satu bule pas diajak ngobrol ma m’kris ternyata dia bilang ga ngerti karena dia orang Rusia he he he ya sudah deh kita diem2 an. Setelah jemput satu keluarga bule lagi, akhirnya setelah perjalanan jauh kami sampe juga. Kami rombongan pertama yang nyampe. Karena dingin (AC mobil n hujan), aduh...jadi pengen ke toilet.....dan ternyata toiletnya adalah toilet kering.....damn....sumpah itu bikin gw kesel.....dan entah kenapa di Bali jadi pada kering gini toiletnya. Di hotel pun kayak gitu, untung di toilet kamarnya ga. Apa karena banyak bule terus jadi kayak gitu....sumpah gw ga nyaman bangeeet.

Setelah nunggu lumayan lama akhirnya kami turun juga ke sungai. Oya, cuma ella dan m’kris aja yang wisatawan domestik, selebihnya bule semua....he he he, tapi mereka ramah kok n banyak juga yang iseng ternyata. Kami satu boat dengan 2 cewek Jepang dan bule Rusia tadi. Ella ma m’kris pilih duduk didepan biar lebih seru. Arung jeramnya seru banget tuh......ga seseram yang gw bayangin. Asyik deh. Tapi setelah finish, aduh naik tangga ke tempat kumpulnya jauh banget....ampe hari sabtu betis gw masih pegel karena capeknya. Jadi bukan karena arung jeramnya gw capek, tapi naik tangganya. Ampun deh. Setelah makan siang di cafe pinggir sawah kami pun di antar ke hotel. Dan bisa di tebak ampe hotel kami pun tepar di tempat tidur. Capek....tapi seru....

Ya.....sebenernya bali itu alamnya sama aja kayak daerah2 Indonesia lainnya. Tapi mungkin karena masyarakatnya open banget ma kedatangan bule (yang lengkap dengan gaya pakaian dan gaya hidupnya) makanya di sana jadi bagus pariwisatanya. Kalo di bandung atau daerah lain liat orang pake baju seksi dikit aja pasti udah di liatin, nah kalo di bali bule2 pake bikini di pinggir jalan cuek aja. Yaaaa ada positif n negatifnya. Tapi ella harap sih, pengennya daerah lain juga banyak yang mengunjugi tapi seharusnya bulenya yang menyesuaikan diri dengan tata kehidupan masyarakat lokal. Bukannya kita yang malah jadi ikut2an mereka.

Pengalaman gw di Bali ya lumayan asyik lah, walaupun banyak hal yang bikin gw stres...mulai dari banyaknya anjing liar yang berkeliaran....sumpah itu bikin gw stres banget, secara gw parno banget ma hewan satu itu, terus tiap jam makan pasti gw juga stres, bingung mau makan dimana, akhirnya KFC or restoran padang lagi deh pilihannya. Yaaa gw takut aja makan ditempat yg ga jelas ke-halal-annya. Walaupun menunya tidak dari babi tapi gw ragu aja kalo di restoran itu ga tercantum halal-nya. Sumpah ini bikin gw stres. Jadi disana makannya cuma ritual supaya gw ga sakit maag aja, gw ga bisa menikmati. Sebenernya ga enak juga ma m’kris karena gw jadi susah untuk di ajak wisata kuliner, tapi apa mau dikata......sorry..

Setelah dipikir2, kalo liburan mungkin ella tidak terlalu nyaman ke Bali...banyak faktor...tapi Alhamdulillah ella dikasih kesempatan ke Bali. Jadi ga penasaran lagi deh.

Tidak ada komentar: