Pages

Senin, Juli 07, 2008

Goes to Gorontalo

So happy…….itu perasaan yang hinggap dalam diri ella ketika tau kalo ella di tugaskan penelitian ke daerah. Ella kan masih CPNS, baru aja 6 bulan kerja ternyata udah di kasih kepercayaan untuk bisa mendampingi para senior untuk penelitian ke daerah. Selain ella, 4 temen yang lain juga ikut, Alhamdulillah....

Setelah liat jadwalnya, ternyata ella kebagian pergi ke Gorontalo ma Bali. Seneng bangeeet..... karena ella kan belum pernah ke daerah timur. Kalo daerah Sumatera mah udah sering banget, secara ella berasal dari Sumatera Barat. Makanya ketika dapat kesempatan untuk pergi ke bagian timur Indonesia...i’m so excited!!!

Ella pergi ke Gorontalo tgl 23 ampe 27 Juni bareng pak syarif....kita pergi ke sana dalam rangka penelitian manajemen ketahanan pangan di daerah. Pergi dari Bandung jam 00.30, dari BSM naik primajasa. Nyampe bandara ternyata kepagian, jadi terpaksalah kita menunggu. Dan untuk naik pesawat pun kita musti nunggu lagi. Karena pesawatnya delay 1 jam. Sebel sih...tapi apa mau dikata.

Oya, salah satu keuntungan naik pesawat pagi2 adalah kita bisa liat sinar matahari yang menembus diantara puncak pegunungan. Wah keren banget......Subhanalllah cantik banget.

Satu pelajaran untuk yang naik pesawat LION.....kalo perjalannya jauh...bawa bekal makanan dan minuman. Karena pesawat satu ini boro2 ngasih makanan or minuman yang ada malah jualan....SEBEL....bayangin aja kita berangkat dari subuh nyampe2 siang, pasti pada kelaparan donk. Untung kami udah bawa bekal dulu. Heran, masak beli pesawat baru mampu tapi ngasih segelas air mineral dan sepotong roti aja mereka ga mampu.

Ya....karena untuk ke Gorontalo cuma ada LION dan Sriwijaya Air maka mau ga mau ya musti naik itu.

Setelah transit dulu di Makasar (20 menitan lah), akhirnya kami sampai juga di Bandara Djalaluddin Gorontalo jam12an WITA. Pas turun pesawat, langsung terik matahari yang panas menyambut. Wuihhh beda ma Bandung, sepanas panasnya Bandung, ga ada sepanas ini. Tapi yang ella suka, panasnya alami ga kayak di jakarta yang panasnya karena polusi. Kalo di Bandung keringat jarang keluar, kalo di Gorontalo keringat langsung bercucuran. Kayak abis lari berapa kilo aja gitu he he he ....

Naik taksi bandara dengan harga 65ribu, tapi jangan dibayangin taksinya kayak taksi biasa ya, karena di sini taksinya dgn jenis mobil camry, kuda, Xenia dll. Jadi kayak travel di kita sih sebenernya. Entah kenapa disitu di tulisnya “Taksi Resmi Bandara”

Satu setengah jam nyampe di hotel Yulia, udah kita booking 2 kamar sebelumnya. Kami milih hotel itu, karena liat2 referensi dari internet. Harga murah dan nyaman loh. Beda banget ma hotel sebelahnya, bagus sih secara dia yang hotel berbintang satu2nya di Gorontalo, tapi harganya mahal. Mana cukup ma budget yang dikasih untuk dinas. Salah strategi tuh hotel. Padahal Gorontalo sekarang banyak jadi sorotan, jadi banyak yang berkunjung untuk dinas atau keperluan bisnis. Seharusnya mereka bikin rate room yang terjangkau untuk yang dinas. Jadi ya walaupun bagus, tetep aja mereka kalah ma hotel-hotel melati yang murah tapi nyaman. Buktinya hotel yulia aja rame banget tuh yang nginep di sini.

Hari Selasa, kami pergi ke Dinas pertanian & Ketahanan pangan dengan naik bentor a.k.a becak motor. Seru juga loh naik ini.... ini gambar abang2 bentor yang lagi berpose di depan bentornya. Photo ini mereka sendiri yang minta diphoto he he he… ternyata sadar kamera juga tuh abang2 bentor. Selama kami di dinas pertanian (3 hari bolak balik kesana), kami disambut dengan baik. Alhamdulillah...... mereka ramah2 dan memberi kami data2 sekunder yang sangat dibutuhkan dalam penelitian kami. Walaupun instrumen penelitiannya ga terlalu banyak di isi, tapi ga apa2lah. Data2 sekunder dan wawancaranya udah cukup.

Kami ucapkan terima kasih banyak kepada seluruh pegawai Dinas Pertanian & Ketahanan Pangan Gorontalo.... ^_^

Selama di Gorontalo kami punya bentor langganan loh. Beberapa kali kami di ajak jalan2 ma abang bentornya. Abangnya baik banget, dia cocok banget tuh jadi guide wisata trus harga bentornya murah lagi. Kami di ajak jalan2 ke pantai, tempat kerajinan karawang, trus beli oleh2 kue pia. Kalo ada yang mau ke Gorontalo, cari aja yang ada tulisan ”PUT-NAD” di bentornya. Jadi promosiin bentor nih ella he he he....

Kota Gorontalo itu kecil, ya karena masih provinsi baru. Tapi kotanya teratur dan asri. Dan ga macet kayak diBandung tentunya.

Beberapa hari di Gorontalo, ada hal yang bikin ella kangen ma Bandung. Yaitu ”makanan”. Karena disini makanannya masih kurang variasi dan dari rasa bumbunya kurang menggigit he he he.......Bandung emang surga kuliner deh.

Ya......setelah pekerjaan selesai, hari Jumat pagi jam 9 kamipun berangkat ke Bandara naik taxi alias travel. Ternyata bapak2 yang semobil ma kami juga abis dinas juga. Dan semalem ternyata kami sama2 makan di restoran mas joko he he he. Di bandara pun kami ketemu ma bapak2 dan ibu2 yang abis dinas juga, malah ada yang sehotel ma kami. Jam 12 WITA pesawat kami berangkat dan nyampe Jakarta jam 15.40 WIB.......dan karena weekend jadinya macet, maka kami sampe Bandung jam 21 WIB......Alhamdulillah sampe juga di rumah dengan selamat....makasih Ya Allah atas segala kesempatan dan kemudahan yang Engkau berikan.

Next destination is BALI !!!!!!!